Tuesday, March 16, 2010

> CARA-CARA PENANAMAN TEBU YANG BETUL

1.Memilih tebu yang sesuai untuk di ta1.1. Iklim
a) Hujan yang merata diperlukan setelah tanaman berumur 8 bulan dan kebutuhan ini berkurang sampai menjelang I. SYARAT PERTUMBUHAN
panen.
b) Tanaman tumbuh baik pada daerah beriklim panas dan lembab. Kelembaban yang baik untuk pertumbuhan tanaman ini > 70%
c) Suhu udara berkisar antara 28-34 derajat C.
1.2. Media Tanam
a) Tanah yang terbaik adalah tanah subur dan cukup air tetapi tidak tergenang
b) Jika ditanam di tanah sawah dengan irigasi pengairan mudah di atur tetapi jika ditanam di ladang/tanah kering yang tadah hujan penanaman harus dilakukan di musim hujan.
1.3. Ketinggian Tempat
Ketinggian tempat yang baik untuk pertumbuhan tebu adalah 5-500 m dpl.
II. PEDOMAN TEKNIS BUDIDAYA
2.1. PembibitanBiaya bibit lebih murah karena tidak memerlukan pembibitan, bibit mudah diangkut karena tidak mudah rusak, pertumbuhan bibit pucuk tidak memerlukan banyak air. Penggunaan bibit pucuk hanya dapat dilakukan jika kebun telah berporduksi.
b) Bibit batang muda
Dikenal pula dengan nama bibit mentah / bibit krecekan. Berasal dari tanaman berumur 5-7 bulan. Seluruh batang tebu dapat diambil dan dijadikan 3 stek. Setiap stek terdiri atas 2-3 mata tunas. Untuk mendapatkan bibit, tanaman dipotong, daun pembungkus batang tidak dibuang. 1 hektar tanaman kebun bibit bagal dapat menghasilkan bibit untuk keperluan 10 hektar.
c) Bibit rayungan (1 atau 2 tunas)
Bibit diambil dari tanaman tebu khusus untuk pembibitan berupa stek yang tumbuh tunasnya tetapi akar belum keluar. Bibit ini dibuat dengan cara:
1. Melepas daun-daun agar pertumbuhan mata tunas tidak terhambat2. Batang tanaman tebu dipangkas 1 bulan sebelum bibit rayungan dipakai.3. Tanaman tebu dipupuk sebanyak 50 kg/ha
Bibit ini memerlukan banyak air dan pertumbuhannya lebih cepat daripada bibit bagal. 1 hektar tanaman kebun bibit rayungan dapat menghasilkan bibit untuk 10 hektar areal tebu.Kelemahan bibit rayungan adalah tunas sering rusak pada waktu pengangkutan dan tidak dapat disimpan lama seperti halnya bibit bagal.
d) Bibit siwilan
Bibit ini diambil dari tunas-tunas baru dari tanaman yang pucuknya sudah mati. Perawatan bibit siwilan sama dengan bibit rayungan.
2.2. Pengolahan Media Tanam
Terdapat dua jenis cara mempersiapkan lahan perkebunan tebu yaitu cara reynoso dan bajak.
Bibit yang akan ditanam berupa
(1) bibit pucuk,(2)bibit batang muda,(3) bibit rayungan dan(4) bibit siwilan
a) Bibit pucukBibit diambil dari bagian pucuk tebu yang akan digiling berumur 12 bulan. Jumlah mata (bakal tunas baru) yang diambil 2-3 sepanjang 20 cm. Daun kering yang membungkus batang tidak dibuang agar melindungi mata tebu.

No comments:

Post a Comment